Wanita Lebih Bego di Bidang Ilmu Pasti?

Meski pada dasarnya kemampuan anak perempuan dalam hal matematika tak berbeda dengan anak laki-laki, namun anak laki-laki umumnya lebih pede pada kemampuan mereka. Demikian hasil analisa para ahli dari Villanova Univeristy di Pennsylvania, Amerika mengungkap.

Secara umum anak perempuan di berbagai negara merasa kurang pede dengan kemampuan ilmu matematika mereka. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa para wanita kurang berminat pada karir di bidang matematika, teknik, ilmu pasti, dan teknologi.

Ketua peneliti Nicole Else-Quest, profesor psikologi dari Villanova University in Pennsylvania, Amerika, juga menemukan bahwa anak perempuan yang berasal dari negara dengan kesetaraan gender memiliki skor yang lebih tinggi pada tes matematika. Mereka juga lebih percaya diri dengan ilmu mereka.

"Stereotipe tentang rendahnya kemampuan wanita dalam bidang ilmu pasti sangat bertolak belakang dengan data. Sebenarnya wanita juga punya kemampuan yang baik asal diberi kesempatan dan sistem pendidikan yang baik," kata Else-Quest dalam rilis berita yang diterbitkan American Psychologycal Association.

Untuk penelitiannya, ia menganalisa data 493.495 pelajar berusia 14-16 tahun dari 69 negara yang mengikuti studi the Trends in International Mathematics and Science Study and the Program for International Student Assessment.

"Hasil studi meta analisis ini menunjukkan bila kualitas pengajar dan kurikulum menentukan kemampuan belajar siswa, demikian juga halnya nilai-nilai yang ditanamkan oleh sekolah, guru, dan keluarganya," katanya.
Anak perempuan juga akan sukses dan menguasai ilmu pasti bila mendapat dukungan dari lingkungannya, katanya menyimpulkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar